Komunitas Blogger Maros itu ibarat sebuah jarum

Posted by


 

Komunitas Blogger Maros atau yang disingkat dengan KBM merupakan sebuah perkumpulan orang yang memliliki minat atau kesenangan yang sama dalam dunia maya, khususnya dunia blogging  di daerah Kabupaten Maros.  Seperti yang kita ketahui bahwa blogging merupakan istilah yang digunakan para penjelajah dunia untuk menamai  aktivitas orang-orang yang mendedikasikan hidupnya dalam dunia maya untuk blog mereka.
Web blog merupakan sarana media untuk mempublikasikan karya; tertulis, berupa gambar, atau dalam bentuk audio visual lainnya ke dalam internet yang bertujuan untuk memberitahukan kepada dunia kebaradaan konten atau diri mereka sendiri. Tujuan orang nge-blog pun berbeda –beda. Kebanyakan di antara mereka terjun ke dunia blog untuk mencari keuntungan atau penghasilan dan ada juga di antara mereka yang bertujuan untuk mencari kesenangan  karena sesuai dengan minat atau kegemaran mereka sendiri, namun terlepas dari itu semua yang tidak kalah menarik ialah mereka yang menulis atau nge-blog karena kesenangan dan kegemaran mereka dan mereka juga mendapatkan penghasilan dari apa yang mereka senangi. Mereka mendapatkan kesenangan batin karena mereka dapat berbagi apa yang mereka ketahui.  Di  lain pihak mereka juga mendapatkan penghasilan. “Berbagi”  ialah kata yang tepat untuk mewakili alasan para blogger di seluruh tanah air.
Kembali ke Komunitas Blogger Maros. “Tempat kumpulna blogger maros” yah begitulah saya menyebutnya. Sama jika Anda mencari jarum dalam tumpukan jerami yang orang katakan bahwa sampai kapanpun takkan dapat ditemukan. Begitu pula dengan Komunitas Bllogger Maros ini. Pada awal 2010 saya mencari-cari tempat berkumpulnya para Blogger Maros. Tapi, sayangnya saya tidak dapat menemukannya. Entah saya yang tidak mencarinya dengan optimal atau mungkin mata saya yang dibutahkan dari kehadiran Komunitas Blogger Maros ini. Akhirnya untuk membayar rasa kekecawaan saya, saya sendiri membuat  grup komunitas blogger maros di facebook. Kemudian saya mengundang semua teman saya untuk bergabung. Hasilnya alhamdulillah pada saat itu mencapai dua ratus  tigabelas orang. Namun, sayangnya di antara mereka yang memiliki blog hanya dapat di hitung jari. Padahal saya sudah jelas-jelas menuliskan pada grup itu bahwa tujuan group ini didirikan yaitu untuk merangkul blogger yang ada di Maros. Akhirnya sampai group itu didirikan hingga sekarang tidak ada perkembangan sama sekali. Malah saya jadi serba salah dan tahu mau menjawab apa ketika ada salah satu member yang menanyakan tentang Komunitas yang saya buat; dimana tempatnya? apa saja programnya? Saya hanya diam tak menanggapi kecewa dengan hasil yang saya dapatkan.
Kemudian pada suatu malam saya menerima sebuah pesan di akun facebook saya, seperti ini:

Setelah melihat pesan ini legah rasanya. Akhirnya saya diberikan petunjuk. Tindak lanjut saya meng-klik link tersebut dan tanpa pikir panjang saya langsung mendaftar pada grup tersebut, aturannya saya baca belakangan. Maklum sudah kebelet mau gabung. Tidak lama kemudian saya mendapat pesan di chat saya, itu dari teman saya isal nack bungsu, saya disuruh gabung di KBM dengan memberikan sebuah link, kemudian saya balas ; saya sudah daftar bro, tinggal tunggu di konfirm. “oh yah nanti saya tanya adminnya” katanya. Saya balas lagi “OK”. Tidak lama kemudian muncul pemberitahuan bahwa saya sudah bergabung dalam Komunitas Blogger Maros. Akhirnya jarum yang selama ini saya cari ketemu juga. Alhamdulilah yah.
Jika berdasarkan tanggal pada gambar di atas; 22 januari 2012, itulah hari tepatnya saya bergabung dengan Komunitas Blogger Maros. Langkah pertama setelah bergabung tentunya mengenal Komunitas Blogger Maros, karena kata nenek saya “Tak kenal maka tak sayang” Langkah awal saya membaca peraturan bagi member KBM, dan itu tidak begitu rumit dan sulit dan tentunya tidak memberatkan untuk saya sendiri. Setelah itu barulah saya blogwalking di grup itu. Rasanya saya tidak perlu menjelaskan terlaluh jauh tentang blogwalking karena dari bahasanya saja kita juga bisa mengerti dan Anda pasti lebih tahu dari saya. Hasilnya waw! Mereka memang blogger hebat dengan site masing-masing yang berkarakter dan unik. Iri juga melihatnya, tapi itu jugalah yang memotivasi saya untuk lebih baik lagi dalam nge-blog.
Sejak hari bergabungnya saya dalam Komunitas Blogger Maros sampai dengan hari ini Ahad, 29 April 2012. Kalau saya tidak salah hitung sudah tiga bulan saya bergabung dan pelajaran yang saya dapatkan cukup banyak. Salah satunya dari pertemuan pertama saya dengan Komunitas Blogger Maros pada saat kopdar yang saya lupa tanggalnya. Pada saat itu yang saya ingat sebagai moderator dan juga membawakan materi kak Gunandar Asikin tentang apa blog dan blogger itu sendiri. Terus terang saja materi itu kelihatannya sudah di hapal mati oleh orang-orang yang ada di situ. Namun, walaupun demikian, tetap saja ada yang saya dapatkan tentang jenis-jenis blogger. Itu yang baru saya dapatkan. Namun, sumber yang paling banyak saya dapatkan ialah obrolan di dinding grup Komunitas Blogger Maros sendiri, lewat pertanyaan dan juga komentar yang ada, dari situlah saya belajar banyak, dan dari situ pula lah saya bisa memahami istilah yang selama ini om google sodorkan ke saya. Yang awalanya saya masih buram tentang domain, web host, bandwitch dan lain-lain, kini bisa tampak jelas. Itu semua berkat dalam grup ini terjadi komunikasi dua arah. Orang-orangnya juga terkesan berlomba-lomba menuntun para newbi yang kesasar dalam mengurus blognya seperti saya, walaupun mereka tidak saling mengetahui di dunia yang sebenarnya. Itu ironis, tapi begitulah dampak dari teknologi.
Harapan saya untuk Komunitas ini satu tahun ke depan mudah-mudahan saja dapat menjadi kiblat bagi para blogger khususnya untuk yang berdomisili di Kabupaten Maros dan semoga saja setahun kemudian Komunitas ini dapat lebih baik dengan program-program yang menarik dan dapat menunjukkan dirinya di masyarakat bahwa mereka ada, sehingga ada lagi orang-orang  seperti saya yang menemukan “jarum” yang bisa saya gunakan untuk membuat baju untuk orang lain...
Sekian dan terima kasih.
Terima kasih sudah berkunjung di Bassicor.blogspot.com


Please FOLLOW and JOIN to get update!

Cool Social Media Sharing Touch Me Widget by Blogger Widgets


Blog, Updated at: 02.39

1 komentar: