Mahasiswa Perikanan Universitas Hasanuddin Gelar Bakti Sosial di Pinrang

Posted by


Ialah Desa Ujung Lero, Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang, yang menjadi tujuan mahasiswa Perikanan UNHAS menggelar bakti sosial. Desa sempit  ini dengan kepadatan penduduk sekitar 1700 kepala keluarga berbagi suka dan duka dalam kesederhanaan dan kesimpang-siuran jalan yang mereka tempu. Sebagian besar masyarakat Desa Lero berprofesi sebagai nelayan, mengarungi laut hingga enam bulan lamanya. Mengais kasih sayang dari Sang pencipta. Memohon ridho Ilahi. Menjajak luasnya samudera. Demi kelangsungan hidup keluarga yang setia menanti di kampung halaman.

Merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi Mahasiswa UNHAS, serta kesyukuran pada Sang Ilahi, mereka dapat dipertemukan dalam sebuah agenda kegiatan yang terlahir dari sebuah kepedulian sebagai motivasinya. Mahasiswa UNHAS sangat terkesan atas animo masyarakat Desa Lero dalam menyambut kedatangan mereka dan merespon segala kegiatan yang sifatnya membangun. Menurut keterangan kepala Desa Ujung lero Sudirman, mengatakan bahwa Desa Lero merupakan desa pesisir dengan jumlah penduduk terbesar di Sulawesi Selatan. Beliau  menyambut baik kedatangan mahasiswa perikanan UNHAS. Menurutnya, kedatangan mahasiswa UNHAS khususnya mahasiswa perikanan ke Desa Lero merupakan pilihan yang tepat. Desa lero memang patut menjadi contoh dalam deskripsi masyarakat pesisir. Hal ini tentunya berhubungan dengan basic mahasiswa jurusan perikanan Unhas, khususnya bagi prodi Sosial ekonomi Perikanan, yang akan menjadi ujung tombak di dalam masyarakat nantinya. Tuturnya.

Acara bakti sosial ini sendiri merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari DIKLAT PROFESI #11 yang sengaja dilakukan di Pinrang. Kegiatan yang rutin diadakan setahun sekali ini dilaksanakan pada hari jumat hingga minggu, tepatnya pada tanggal 23 s.d 25 Maret 2012. Walaupun kegiatan ini rutin diadakan setahun sekali di masing-masing daerah berbeda tiap tahunnya dengan konsep yang serupa, Namun, kali ini DIKLAT PROFESI #11 berinisiatif untuk menggelar bakti sosial sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan sebagai bentuk pendekatan emosional ke masyarakat. Selain itu juga dengan adanya kegiatan semacam ini, diharapkan dapat menjadi sebuah momentum bagi mahasiswa dan institusi terkait dalam hal pengabdian nyata pada masyarakat khususnya masyarakat pesisir.
foto-foto bakti sosial Pinrang

Kegiatan bakti sosial DIKLAT PROFESI #11 dilakukan dengan cara membersihkan saluran air yang tersumbat oleh sampah, sehinngga air tidak lancar menuju ke laut. Hal inilah yang selalu menjadi permasalahan di Desa Lero Kecamatan Suppa Pinrang. Tiap tahunnya banjir selalu menjadi bencana yang tak pernah absen menimpah masyarakat. Akibat dari banjir tahunan ini, selalu membawa mala petaka bagi masyarakat setempat seperti penyakit kulit, diare, bahkan demam berdarah. Walaupun di desa lero terdapat puskesmas untuk masyarakat, namun sayang dengan segala keterbatasan prasarana yang dimiliki dan kemiskinan yang selalu menemani dan membayangi diri lahir batin, masyarakat Desa Lero hanya pasrah menerima nasib. Menengadahkan tangan meminta entah kepada siapa, yang mereka tahu pasti hanyalah berusaha melindungi orang yang mereka cintai. Hal ini pula lah yang melatar belakangi mahasiswa perikanan UNHAS mengadakan pembersihan sampah yang menyumbat selokan. Animo masyarakat yang turut membantu menjadi bara api pembakar semangat mahasiswa. Tanpa upah dan walau tak diperintah mahasiswa perikanan UNHAS begitu bersemangat dan bersungguh-sungguh demi kepentingan masyarakat pesisir.

Diharapkan dengan adanya kegiatan semacam ini dapat menjadi contoh bagi mahasiswa lainnya. Hapuskan segala pandangan negatif dari masyarakat terhadap mahasiswa. Hilangkan ego masing-masing dengan mementingkan keperluan rakyat di atas segala-galanya. Sudah saatnya Mahasiswa menjadi pembawa obor perubahan. Perubahan karena kepentingan rakyat dan untuk rakyat, hingga mahasiswa kelak akan dirindukan untuk kembali ke rakyat.

Terima kasih sudah berkunjung di Bassicor.blogspot.com


Please FOLLOW and JOIN to get update!

Cool Social Media Sharing Touch Me Widget by Blogger Widgets


Blog, Updated at: 18.34

0 komentar:

Poskan Komentar