Peran Tenaga Pendidik bagi Pendidikan Indonesia

Posted by

Pendidikan Indonesia mengalami perkembangan pesat. Itulah jawaban dari pemerintah jika kita menanyakan pendidikan di Indonesia. Toh, mana mungkin ia pemerintah akan menjawab hal buruk jika ditanyai mengenai keadaan pendidikan di Indonesia. Namun, jikalau kita mau meninjau langsung di lapangan, pendidikan di Indonesia sangatlah terkesan kasihan.

Tahun tahun berlalu dengan menghasilkan lulusan SMA SMP dan lain sebagainya. Pertanyaannya, apakah lulusan tersebut sudah dapat dikatakan lulusan terbaik atau hanya formalitas belaka tiap tahunnya. Ironis, jika lulusan ini malah menjadi pengangguran baru di Indonesia. Alih alih sebagai pemuda penerus bangsa, malah menjadi beban bagi negara.

Saya menulis artikel tentang Pendidikan di Indonesia ini, setelah saya berkunjung di salah satu sekolah yang ada di Kab. Maros Sul-Sel. Sekolah yang saya datangi ini berstatus sekolah swasta dan masih jauh jika dikatakan sebagai sekolah favorit.

orang lain yang lebih beruntung mungkin merasa masa bodoh dengan sekolah yang kurang terkenal, namun, mesti kita sadari bahwa mereka juga adalah warga negara dan bagian darinya. Tentunya berhak bagi mereka untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Mereka mungkin dianggap sebelah mata, namun masing-masing dari mereka ialah manusia yang dihormati di keluarganya dan dijunjung tinggi kehadirannya.

Pendidikan Indonesia memang masalah yang tak kunjung habisnya jika dipersoalkan. Contohnya saja di sekolah yang baru saja saya datangi. Mereka hanya belajar jika yang mengajar di kelas itu adalah guru yang disegani lantaran peduli dengan siswanya. Sungguh menyedihkan ketika saya menanyai seorang murid dari siswa tersebut, bahwa ada guru mereka yang mengatakan bahwa, jika memang tidak mau belajar, silahkan keluar saja.
Di sisi lain guru yang disegani malah pelajarannya diikuti oleh semua siswa. Hal ini tentunya menjadi permasalahan bagi pendidikan kita. Tenaga pendidik dikatakan pendidik, tentunya untuk mendidik dan mangayomi, bukan sebaliknya membiarkan siswa terkatung-katung dengan kesenangan mereka.

Siswa sebagaimana seorang siswa ialah mereka yang perlu di didik agar menjadi siswa yang betul-betul diharapkan sebagai penerus bangsa. Siswa juga belum begitu mengerti akan pendidikan untuknya di hari kemudian, sehingga belakangan mereka akan menyesal tidal menempuh pendidikan semenjak ia berada di sekolah. Tugas pendidiklah untuk menyadarkan hal tersebut kepada siswanya bukannya membiarkan siswanya terkatung-terkatung dengan ketidak sadaran mereka.

Sebab adanya gelar pahlawan tanpa ada tanda jasa kepada guru diberikan tidak dengan begitu saja. Tapi, tentunya gelar itu didapatkan ketika guru dapat menjalankan tugasnya dengan baik, yaitu memberikan pengertian kepada siswanya tentang pentingnya pendidikan untuk mereka, bukan sebaliknya menjadi pendidik yang masa bodoh

Terima kasih sudah berkunjung di Bassicor.blogspot.com


Please FOLLOW and JOIN to get update!

Cool Social Media Sharing Touch Me Widget by Blogger Widgets


Blog, Updated at: 00.33

0 komentar:

Poskan Komentar